Lima Masalah Kesehatan Gigi Yang Sering Terjadi Pada Anak



Menjaga kesehatan gigi anak merupakan salah satu hal yang tidak dapat diabaikan begitu saja, memang tampak wajar jika seorang anak mempunyai gigi yang rusak, namun sebenarnya hal itu tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut anak jika dibiarkan terlalu lama.

Ada 5 masalah kesehatan  gigi yang sering terjadi pada anak 

1.      Gigi berluang (karies)

Disebabkan karena infeksi bakteri. Jika tidak di rawat,lubang gigi akan semakin besar dan dlam hingga akhirnya infeksi mencapai persyarafan gigi. Lama kelamaan gigi menjadi mati (non-vital)

2.      Karang gigi (kalkulus)

Karang gigi adalah kotoran dalam mulut  yang menempel pada gigi dalam jangka waktu lama, sehingga lama lama akan mengeras dan membatu sehingga akan sulit untuk dibersihkan jika hanya dengan menggosok gigi

3.      Gigi tidak rata  

Gigi bisa menjadi tidak rata jika ada gigi susu yang tanggal secara dini sebelum waktunya, dan mengakibatkan gigi tetap/ permanen yang menggantikannya kehilangan panduan untuk tumbuh. Akhirnya gigi tumbuh diluar posisi yang normal

4.      Gigi susu tinggal akar

Anak yang terbiasa minum susu botol, terutama sebagai pengantar tidur, umumnya mengalami karies yang disebut karies rampan. Ciri khasnya adalah hampir seluruh mahkota gigi depan rusak dan tinggal akarnya saja

5.      Gigi maju (tonggos)

Anak dengan kebiasaan buruk tertentu seperti menghisap jari, bibir bawah atau dot lebih berisiko untuk memiliki gigi tonggos.pada saat anak melakukan gerakan menghisap, jari akan memberi tekanan pada langit langit mulut serta menyebabkan gigi terdorong ke depan


Menjaga kebersihan gigi anak

Penting bagi orang tua untuk menanamkan kebiasaan membersihkan gigi dan mulut sejak dini pada si Kecil. Selain mengajarkan mereka untuk menyikat gigi yang baik dan benar setiap hari, mengajak anak untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga dapat meningkatkan kesehatan giginya.

Makanan yang sehat untuk gigi,yaitu:

1)      Makanan yang mengandung vit C

2)      Makanan yang mengandung kalsium

3)      Makanan yang mengandung protein,zat besi dan B12

Dan makanan yang tidak sehat untuk gigi :

a)      Permen

b)      Coklat

c)      Minuman bersoda, Dll.







Referensi :

1. Manbait, M. R., Fankari, F., Manu, A. A., & Krisyudhanti, E. (2019). Peran Orang Tua dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut. Dental Therapist Journal1(2), 74-79.

2. Rahina, Y., DIGAA, C. I., IWA, W. P., & Duarsa, P. (2019). Tingkat pengetahuan kesehatan gigi pada orang tua anak usia prasekolah. Interdental Jurnal Kedokteran Gigi (IJKG)15(2).

3. Hemiyanty, H., Wandira, B. A., & Suwendro, N. I. (2021). Pemberian Dental Health Education pada Ibu Balita di Posyandu Mawar 1 Kelurahan Kawatuna. Jurnal Dedikatif Kesehatan Masyarakat2(1), 35-41.

Komentar