PROFIL PUSKESMAS BANGETAYU

 GAMBARAN UMUM PUSKESMAS BANGETAYU

    Puskesmas adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Puskesmas Bangetayu yang berada di Jl. Raya Bangetayu - Genuk Semarang, merupakan puskesmas induk dengan dua puskesmas pembantu, yaitu Puskesmas Pembantu Karangroto dan Puskesmas Pembantu Kudu. Diseluruh kelurahan sudah terbentuk Forum Kesehatan kelurahan yang sudah melaksanakan survey mawas diri dan musyawarah masyarakat desa (MMD). Posyandu binaan Puskesmas Bangetayu ada 68. Posyandu yang telah dibentuk UKGM dulunya ada 4, yaitu di wilayah Sembungharjo, Bangetayu Wetan, Bangetayu Kulon, dan Karangroto.

 Batas - batas wilayah kerja Pukesmas Bangetayu adalah:

 

    Terdapat 2 jenis pelayanan di UPTD Puskesmas Bangetayu yaitu di dalam gedung dan di luar gedung. Kegiatan pelayanan kesehatan gigi yang berlangsung saat ini di Puskesmas Bangetayu antara lain,

A.    Di dalam gedung

1.    Pelayanan upaya promotif yaitu ketika ada pemeriksaan calon pengantin, ibu hamil, dan edukasi setiap setelah dilakukan tindakan perawatan.

2.    Pelayanan upaya preventif yaitu pembersihan karang gigi (scalling)

3.    Pelayanan upaya kuratif yaitu pencabutan gigi anak dan dewasa baik secara anestesi topikal/ pun infiltrasi, dan penambalan gigi dengan GIC dan komposit.

B.    Di luar gedung

1.    Kegiatan screening kesehatan umum dan kesehatan gigi di semua tingkat sekolah dari TK-SMA

2.    Penyuluhan edukasi kesehatan gigi ketika di kegiatan posyandu serta kunjungan ke sekolah

3.    Pendidikan kesehatan gigi di tingkat sekolah yaitu pelatihan dokter kecil

Komentar